Tempat Wisata di Indonesia yang Jarang Dilirik Wisatawan Lokal dan Internasional

04 Nov 2019    View : 171    By : Canva Indonesia


Jika kita pernah pergi ke Bali atau Jakarta sebagai tempat pelarian kita dalam berwisata, maka kita perlu untuk mencari pilihan tempat lain. Bukan karena kedua tempat tersebut tidak lagi memanjakan para wisatawan dan tidak memiliki tempat wisata yang baik, tapi karena masih ada banyak tempat dan kota lain yang bisa kita jadikan pilihan destinasi.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17 ribu pulau yang 8 ribu di antaranya dihuni, Indonesia kaya akan tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata rekreasi, wisata belanja, sampai wisata kota semua ada di Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke. Dari Miangas sampai Pulau Rote. Semua keindahan ada di Indonesia. Kita bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda di setiap kota, disetiap lokasi wisatanya. Semuanya menawarkan yang terbaik.

Dengan beragam tempat yang indah, kita tentu bisa saja “selamat tinggal” untuk Bali, saat ini. Kita bisa menikmati beragam pemandangan dan pengalaman berlibur di lokasi lain yang sangat cantik di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Indonesia yang masih jarang dilirik oleh para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Jadi, kita akan memiliki pilihan tempat wisata lain di Indonesia selain Bali, Jakarta, atau nama-nama tempat wisata terkenal lainnya.

 

Melindungi Kura-Kura di Bangka Belitung

Untuk menikmati liburan di pantai dan juga suasana lautan, kita bisa memilih Bangka Belitung sebagai salah satu tujuan wisata. Berlokasi di timur Sumatera, kepulauan ini memiiki pantai dan lautan biru rendah, pasir putih, dab batuan granit raksasa yang menjadikannya sangat indah dan unik dari pantai lain di dunia.


Bangka Belitung adalah dua pulau besar utama. Tapi, di sekelilingnya terdapat pulau-pulau kecil dan kita bisa menikmati wisata island hopping untuk menikmati beragam keindahan laut dan pantai.

Jangan lupa untuk melihat kura-kura dan penyu di Pulau Kepayang saat musim menetas. Sehingga kita bisa melihat ratusan penyu dan kura-kura lahir dan berenang menuju lautan.

Danau Kaolin

Ada juga Danau Kaolin di mana danau berwarna biru ini dikelilingi oleh mineral. Pemandangannya sangat indah dan kita bisa berfoto dengan mudah di sini.

Baca juga: Ledok Ombo Campground - Poncokusumo Malang

 

Danau Tiga Warna dan Komodo di Flores

Hanya berjarak sekitar 90 menit dari Bali, kita akan berada di Flores, sebuah tempat jauh dari dunia gemerlap. Saat Bali memberikan kita pemandangan indah dengan banyak wisatawan yang berjubel, bahkan sampai harus mengantri untuk apapun, Flores memberikan kita sebuah pemandangan indah, padang rumput luas, pantai elok, dan juga beragam pemandangan alam cantik lainnya.

Dan tidak ada yang lebih cantik daripada Gunung Kelimutu. Sekitar 15 menit dari pedesaan Moni, gunung berapi tidak aktif ini merupakan salah satu danau kawah yang paling cantik di dunia. Dari tiga danau yang saling bersebelahan, setiap danaunya memiliki warna berbeda yang mencolok. Bahkan, ketiganya bisa berganti warna secara berkala.

Waktu terbaik untuk mendatangi Danau Kelimutu adalah bulan Juli dan Agustus di mana curah hujan cenderung rendah sehingga langit pun akan bersih dan indah. Jangan lupa untuk menyaksikan matahari terbit di sini.

Pulau Komodo

Sambil menikmati Flores, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat naga legendaris dari Flores, Komodo, di Taman Nasional Komodo, yang masuk ke dalam daftar UNESCO. Bisa memiliki panjang sampai tiga meter, hewan pemakan daging ini merupakan cicak atau reptil terbesar di dunia.

Mereka sangat besar dan merupakan karnivora sehingga mereka bisa memakan hewan yang lebih besar dari mereka seperti rusa atau bahkan sapi.

Baca juga: Pantai Kutang - Keindahan Pantai Perawan Di Lamongan

 

Menikmati Pemandangan dan Berenang di Kaldera Bandung

Saat weekend tiba, Bandung dipenuhi oleh banyak masyarakat lokal dan Jakarta yang ingin menikmati cuaca dingin dan juga pemandangan indah pegunungan Bandung. Bahkan, para turis dari mancanegara juga banyak yang ingin berkunjung ke Bandung. Terutama mereka yang dari Malaysia dan Singapura karena hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk menikmati ke Bandung.

Untuk kalian yang menginginkan wisata belanja dan menikmati makanan enak, kota terbesar ketiga di Indonesia ini tentu bisa dijadikan pilihan.
Tapi, itu semua sudah banyak dikenali dan diketahui orang. Untuk kalian yang mencari pengalaman baru berlibur ke Bandung, ada beberapa tempat lain yang bisa dijadikan pilihan. Beberapa di antaranya adalah beraga, air terjun yang ada di Bandung.

Curug Cimahi

Curug Cimahi atau Rainbow Waterfall misalnya berada sekitar satu jam dari pusat kota Bandung. Di malam hari, diberikan warna yang indah di sini. Dengan tinggi 90 meter, ini adalah air terjun tertinggi di Bandung dan melihat airnya terjun dihiasi lampu, sangat keren.

Terdapat juga Curug Malela atau Air Terjun Malela. Dengan tinggi 70 meter dan lebar 50 meter, air terjun ini dijuluki Niagara Kecil Jawa Barat.

Baca juga: Taman Apsari, Keteduhan di Tengah Hiruk-Pikuk Kota


Primata Terkecil dan Keindahan Dalam Laut Manado

Hutan lebat, pemandangan indah dalam laut, pedesaan otentik, sampai pusat perbelanjaan besar, Manado memiliki semua hal untuk berlibur. Kita bisa memulai perjalanan liburan di Taman Laut Nasional Bunaken. Di sana kita bisa menikmati pemandangan indah dalam laut dengan menyelam.

Berada sekitar 40 menit dari pusat kota Manado, taman yang dilindungi ini memiliki beberapa penghuni laut cantik dan juga terumbu karang penuh warna. Kita juga akan menemukan beberapa hewan laut unik di sini.

Sementara di daratan, pemandangannya juga tidak kalah indah. Pergilah menuju ke Tangkoko untuk menikmati pengalaman safari, di mana kita bisa menemukan hewan primata terkecil di dunia, Tarsius.

Tarsius

Walaupun memiliki banyak tempat indah untuk wisata, tapi keberadaan Manado belum begitu populer seperti tempat lainnya. Hal ini karena relatif lebih jauh dari berbagai tempat lainnya. Tapi, kini Manado disebut sebagai salah satu tempat wisata “Bali Baru” oleh pemerintah Indonesia, sehingga tentu pembangunan dan juga promosi akan lebih masif lagi dilakukan.

Tidak ada waktu yang lebih tepat selain sekarang untuk mengunjungi Manado, sebelum terlalu ramai.

Baca juga: Perpustakaan Bank Indonesia, Surabaya - Perpustakaan Umum Senyaman Perpustakaan Pribadi

 

Api Biru Gunung Ijen Banyuwangi

Berada di Banyuwangi, Jawa Timur, Gunung Ijen berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan memiliki kawah asam terbesar di dunia. Untuk bisa menuju ke bagian kawah Ijen, memang tidak mudah. Hal ini karena jalan dan aksesnya yang berbatu dan berbau busuk dari sulfur atau belerang.

Tapi bagi yang berani dan tidak masalah dengan hal itu semua, mereka akan dihadiahi pemandangan indah danau belerang luas dengan kedalaman 200 meter.

Gunung Ijen

Untuk bisa menikmati pemandangan ini, kita harus memulai perjalanan di malam hari. Nantinya, kita bisa akan menikmati pemandangan indah ini saat pergantian dari malam ke pagi hari. Sehingga kita tidak hanya menikmati pemandangan api biru di tengah kawah saja, tapi juga semburat oranye dan pink di horison langit ketika matahari terbit.

Baca juga: Lembah Rolak

 

 

  

Artikel ini merupakan wujud kerja sama Artebia dengan Canva Indonesia.

Header source: pesona.travel


Tag :


Canva Indonesia

Canva Indonesia adalah startup penyedia layanan online yang bergerak di bidang aplikasi template profesional.

Profil Selengkapnya >>

Wisata Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Mengasah Rasa Lewat Kehidupan dan Gelombang Ujian


Bicara Tentang Orizuka - Menulis Adalah Passion, Bukan Occupation


Supernova Akar


Thirteen Terrors: Kisah Menyeramkan di Setiap Sekolah


Kataji - Awal Mula Saya Terpikat pada Yura


My Pancake Restoran Surabaya  Town Square


Heerlijk Gelato


Pantai Konang: Pesona Di Balik Gunung Trenggalek


Literasi Desember: Festival Literasi Akbar Bersama Literaturia


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Pertama)


Oma Lena - Part 2


Satu Kali Seminggu